Tips Memilih Lokasi Yang Tepat Untuk Bisnis

Seperti yang kamu ketahui, lokasi usaha memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan sebuah bisnis. Untuk itu, dalam menentukan lokasi sebuah bisnis, kamu harus pandai memilah dan memilih agar menemukan lokasi yang benar-benar strategis sesuai dengan pasar yang dibidik.

Tempat usaha yang strategis biasanya memiliki beberapa kriteria seperti memiliki jalan yang cukup besar, ramai, memiliki lahan parkir yang luas, dilalui banyak orang dan kendaraan.

Selain itu lokasi usaha sebaiknya mendekati market yang dibidik seperti dekat dengan perkantoran, industri, sekolah dan dekat dengan pemukiman penduduk. Kemudahan akses menuju tempat usaha juga perlu diperhatikan agar usahamu mudah dijangkau.

Tips Memilih Lokasi Yang Tepat Untuk Berbisnis Jika saat ini kamu sedang mencari lokasi usaha sebaiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini.

1. Dekati Target Market

Saat merumuskan sebuah ide bisnis, kamu pasti sudah menentukan target market seperti apa yang akan kamu bidik. Nah, lokasi sebuah usaha sebaiknya berada disekitar orang-orang yang menjadi target marketmu.

Sebagai contoh, jika target marketmu adalah para mahasiswa sebaiknya cari lokasi yang dekat dengan kampus atau tempat kost mahasiswa. Untuk itu, lakukan survei di sekitar lokasi yang kamu pilih. Pastikan target marketmu berada di sekitar lokasi tersebut agar usahamu tepat sasaran.

2. Lokasi yang Strategis

Setelah mendekati target market, pastikan juga tempat usahamu setidaknya mudah dilihat dan dijangkau seperti di sekitar sekolah, kampus, di area kantor dan lain-lain. Dengan begitu, usahamu akan lebih cepat dikenal oleh masyarakat.

3. Perijinan

Setelah mendapatkan lokasi usaha yang strategis seperti yang diharapkan, sebaiknya cari tahu soal perijinan berkaitan dengan lokasi usaha yang kamu pilih.

Perijinan ini sangat penting agar tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Alih-alih memperoleh keuntungan, malah kerugian besar yang kamu dapatkan jika ternyata bermasalah dalam hal perijinan.

4. Akses Mudah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, lokasi usaha yang mudah diakses memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya, konsumen akan selalu mengunjungi usahamu.

Kemudahan akses ini harus dipertimbangkan sebelum membuka sebuah usaha agar usahamu dapat berkembang seperti yang kamu harapkan.

5. Unik dan Tematik

Jika kamu sudah menentukan tempat yang tepat untuk berbisnis, selanjutnya buatlah konsep tempat usaha yang unik dan menarik. Keunikan sebuah tempat usaha biasanya memiliki daya tarik tersendiri dan membuat calon konsumen penasaran sehingga berminat mengunjungi usahamu.

Jika perlu buatlah tema khusus untuk waktu-waktu tertentu yang spesial agar konsumen tidak bosan terhadap penampilan tempat usahamu. Itulah lima hal yang harus kamu perhatikan sebelum memilih sebuah lokasi usaha.

Mengingat peran lokasi usaha ini sangat penting, sebaiknya pilah dan pilih yang benar-benar strategis agar usahamu dapat berkembang cepat dan memberikan keuntunngan seperti yang kamu harapkan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + 17 =

Subscribe Newsletters

    envelope linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram