Dilema Pemain SEO

Apa kabar SEO hari ini? dunia yang sudah saya tinggal kini datang kembali di bulan April 2021. ya, saya sekarang mengerjakan & fokus di SEO. ilmu yang serba dinamis, tidak pasti, mengikuti algoritma Google Search Engine yang bisa berubah kapanpun.

Mari flashback ke 2011. dimana tahun ini adalah awal mula saya mengenal SEO. yang awalnya hanya bisa membuat keyword berdasarkan tren di Google Trends. berjalan beberapa tahun saya baru mengenal dan bisa menganalisa backlink dan keyword menggunakan tools SEO pilihan seperti: ahrefs, semrush, google keyword planner, ubersuggest, longtail pro, majestic SEO, dll.

Puncak keberhasilan saya di dunia SEO adalah mampu mendatangkan sales Rp. 3 Milyar kurang dari 6 bulan di tahun 2014 dengan berjualan T-shirt custom design. dan di 2016 saya benar-benar pensiun dari SEO. jadi sepanjang 2016 sampai 2021 fokus utama saya adalah web programing & web design.

dilema pemain SEO

Come Back

Namun kini saya benar-benar come back di SEO. apakah pengalaman saya yang telah berlalu bisa terulang kembali? atau ada hal-hal lain yang saya tidak tahu seputar perkembangan SEO? seolah-olah saya harus mereset ulang dan membuat strategi baru.

Pada dasarnya ilmu SEO itu sama saja. dari dulu sampai sekarang masih sama. mulai dari teknikal audit, keyword research, sampai analisa backlink. mungkin bedanya analisanya sekarang melebar atau lebih luas. belum lagi algoritma google di ruang lingkup SEO itu ada: Google Panda, Google Penguin, Google Hummingbird, Google Piggeon, dan masih banyak lagi nama-nama algoritma Google SE. algoritma-algoritma tersebut memiliki peran masing-masing menilai suatu website.

Sebenarnya jangan terlalu di bikin pusing terkait algoritma. kuncinya itu: speed & content. fokus di 2 hal ini saja lama-lama Google SE mengikuti. dua hal tersebut berdampak pada user experience. web speed mencukupi & isi konten berkualitas sudah bisa membuat bersahabat robot Google SE. hal-hal lainnya bisa menyusul & jangan terlalu di bikin pusing. enjoy!

Suka Duka Pemain SEO

Suka dukanya pasti ada. kalau ngomong sukanya, ya ngga jauh-jauh dari " oh gue berhasil naikin ke page one nih "... kalau mau lebih gila lagi coba targetin ke leads juga. jadi ngga cuma bisa mendatangkan banyak traffic, tapi juga mampu mendatangkan leads. ini challenges banget.. analisanya jauh lebih dalem lagi 😀

Kalau bahas soal duka, jauh lebih banyak ketimbang suka-nya...

  • Jangan kebanyakan backlink, jangan lupa di filter, jangan asal dapet backlink nanti masuk Google Sandbox. dampaknya deindex. nangis darah..
  • Jangan berlebihan optimasi keywords, kalau density nya lebih dari 5% masuknya keywords stuffing. masuklah spam 🙁
  • Nyari backlink juga begitu, kita udah capek-capek melisting backlink eh tiba-tiba admin pemilik website mendelete backlink kita. itu masih mending, kalau akun di block lebih parah lagi 🙁
  • Belum lagi bersaing sama kompetitor (sesama pebisnis).
  • Jadi tantangan pemain SEO itu ada: kompetitor, admin (pemilik web backlink), dan robot Google.

Semangat buat pemain SEO di era baru. ilmu yang serba ngga pasti, algoritma selalu berubah kapanpun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Subscribe Newsletters

    envelope linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram