Bingung Mau Bisnis? Baca ini Dulu

Bahas soal bisnis kadang masih ada saja kebanyakan orang bingung mau mulai dari mana. bagaimana tidak hidup terbiasa dengan rutinitas kantor tiba-tiba terlintas ingin membuka bisnis?. Saya mau berbagi pengalaman perjalanan saya di dunia bisnis yang mungkin bisa menjadi referensi Anda. awal mula mengenal bisnis sebenarnya sudah lama (sekitar tahun 2010). kala itu saya masih berstatus karyawan dan nyambi bisnis MLM obat-obatan. nah dari sinilah awal mula saya kepincut dunia bisnis. Anda mungkin juga tahu bagaimana kinerja bisnis MLM. mulai dari iming-iming penghasilan, bonus, sampai hadiah jalan-jalan keluar negeri. sayangnya itu semua HANYA SEBAGIAN KECIL yang berhasil. entahlah saat itu yang ada di benak saya adalah merasa tertipu. padahal di awal pembahasan tidak ada unsur penipuan, Saya hanya silau tentang iming-imingnya namun faktanya untuk mendapatkan semua itu tantangannya berat sekali. iya berat!

Dari kegagalan bisnis MLM obat-obatan saya mulai rajin mencari peluang baru bisnis lain. masa iya bisnis cuma MLM saja?. akhirnya saya menemukan wadah bisnis online tepat di tahun 2011. hal ini berkaitan dengan perjalanan saya mengenal internet dari waktu ke waktu. saat itu saya memulai bekerja part time menjadi web designer & seo specialist. pemain SEO jaman dahulu tidak serumit sekarang, tidak seketat sekarang. jadi dengan 2 job itu saya bisa menghasilkan belasan juta rupiah perbulan. iya perbulan!

Waktu terus berjalan saya mulai cari-cari peluang baru selain job diatas. barulah saya mengenal monetise blog menggunakan adsense, clickbank, dan amazon. yang saya fokuskan pada saai itu adalah google adsense. sedangkan amazon dan clickbank hanya membuat akun & blog ber-engine blogspot. ada belasan klik dari affiliasi amazon tapi belum ada konversi penjualan satupun. ini mengenaskan 🙁

tips sebelum mulai bisnis

Itulah sepenggal kisah singkat Saya mengenal dunia bisnis. sebenarnya banyak sekali, sengaja Saya kutip beberapa bagian saja karena konteks-nya disini berbagi tips bagaimana sih memulai bisnis?.

Yang paling penting dalam memulai bisnis, Anda patut memperhatikan hal ini :

Siapkan Mental

Artinya, Anda harus siap berkompetisi dengan pebisnis lainnya. modal uang bukanlah yang utama, tapi good mentality lah yang perlu di persiapkan. ini adalah modal awal, modal dasar, sebelum Anda benar-benar terjun di dunia bisnis. kita tahu dunia bisnis itu penuh dengan ketidakpastian. kadang naik, kadang turun, kadang juga terhempas. yah itulah pengalaman saya beberapa tahun belakangan ini. intinya mau bisnis apapun harus bisa berinovasi sekalipun bisnis Anda sudah besar. layaknya Yahoo, Kodak, Nokia, Sony, dsb. mereka adalah raksasa besar yang saat ini dilanda keterpurukan. bahkan nilai akusisi pun jatuh terhempas.

Mental yang baik akan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang baik pula. jika Anda tidak menyiapkan mental sejak dini, bersiap-siaplah di gilas pesaing. dan yang paling berat adalah mental menghadapi diri sendiri. seperti malas, menunda-nunda waktu, dan lain sebagainya. ini sangat berbahaya.. jika Anda terlalu lama memanjakan sifat ini, Bisnis Anda akan tertinggal jauh dari kompetitor.

Siapkan Modal (Tak Harus Besar)

Ini adalah modal kedua setelah mental Anda benar-benar siap. sekecil apapun bisnis yang Anda tekuni tentu membutuhkan modal uang. kalau misalnya Bisnis Anda menggunakan internet, Anda bisa menggunakan modal seminim mungkin. contoh : menjadi reseller, atau dropshiper. hanya butuh komputer dan koneksi internet Anda bisa menjalankan bisnis ini. ditambah kreativitas Anda dalam mengelolah bisnis. soal untung, jangan ambil margin keuntungan terlalu besar. ambil sedikit namun kedepannya bisa continue. mengingat Anda juga baru terjun di dunia bisnis, jadi baiknya carilah pelanggan sebanyak-banyaknya. bangunlah reputasi dan jaringan seluas-luasanya. jika Anda berhasil, harga Anda naikkan pun pelanggan Anda akan tetap setia membeli produk atau jasa Anda. ini adalah kunci kesuksesan berbisnis saat ini ” Network & Great Service “.

Mulai Dari Yang Anda Sukai dan Kuasai

Untuk memulai bisnis jangan tergiur sama rumput tetangga yang sudah hijau. tapi bukan berarti Saya melarang ya. bisa saja Anda mengikutinya namun prioritaskan apa yang Anda sukai dan yang Anda mudah kuasai. motivasi seseorang dalam memulai berbisnis memang berbeda-beda. ada yang dijalani demi hobi, ada juga yang demi uang. namun disini Saya akan melihat garis besarnya dimana pebisnis sukses umumnya lebih memprioritaskan melakukan apa yang dikuasai dan disukai. bukan sedekar karena uang. kalau dasarnya karena uang tapi kita tidak menguasai atau terpaksa (tidak suka) lambat laun akan tutup. istilahnya Anda membuang banyak waktu dan tenaga. cobalah memulainya dari yang Anda sukai, nah otomatis Anda juga tahu seluk-beluknya (menguasai). ini akan mempermudah jalan Anda kedepannya, bahkan Anda pun bisa berinovasi.

Saya juga demikian, memulai bisnis dari apa yang Saya sukai dan kuasai. bahkan tak jarang beberapa teman saya mengajak gabung di bisnisnya yang sudah menghasilkan jutaan perbulannya. tapi bagaimana keadaannya sekarang?, bisnis teman Saya sudah tutup (bangkrut). ini tidak terjadi pada 1 orang Saya sudah menemukan setidaknya 3-4 orang gagal menjalani bisnisnya. karena tidak didasari dengan kesukaan dan penguasaan. ya hanya didasari demi uang 1-2 tahun bisnis nya sekarang bangkrut.

Get more stuff like this

Subscribe to our mailing list and get interesting stuff and updates to your email inbox.

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Leave a Reply