Tips Buat si Multitasking

Multitasking adalah kinerja otak (acak) dan tidak beraturan. ini salah satu penyakit gagal fokus. misalnya : tangan kanan mengerjakan project A, tangan kiri mengerjakan project B, dsb. ini yang membuat pekerjaan kita tidak selesai, atau malah berantakan (gagal). penyakit satu ini hampir setiap orang merasakannya. Saya juga termasuk multitasking, dimana kinerja otak saya susah di atur untuk mengerjakan satu hal saja setidaknya satu kerjaan bisa sampai selesai total. ini juga salah satu alasan kenapa hasil kinerja kita tidak maximal, atau menunda-nunda waktu. yang seharusnya selesai 1 minggu bisa ngaret sampai 2 minggu. saya juga sudah mencoba beberapa cara belum berhasil juga sampai pada satu titik dimana saya bisa memprioritaskan mana yang harus di kerjakan lebih dulu dan mana yang bisa di kesampingkan (di kerjakan nanti).

Belajar fokus

Disini saya memposisikan diri sebagai seorang fulltime profesional + enterpreneur. dimana pekerjaan-pekerjaan saya ini tidak fokus pada satu bidang saja tetapi ada beberapa job desk, diantaranya :

  • Sebagai Web Designer & Developer
  • Sebagai Pedagang online-ofline (jualan pakaian & makanan)
  • Sebagai Blogger, dan pemain Google Adsense.
  • Sebagai pemilik toko online
  • Waktu senggang, saya habiskan buat bermain musik (untuk relaksasi).

Bayangkan bagaimana saya bisa memanage semua itu?, sedangkan saya saat ini belum punya Team pasti (tetap). kadang ada, kadang enggak. jadi partner bisnis saya tak selalu bisa membantu karena dia juga sibuk dengan pekerjaannya. sekedar informasi saja, saya punya 25 domain untuk bisnis-bisnis saya :

  1. COM (ada 12)
    – 3 kepake, 1 on proccess, 8 expired! 🙁
  2. NET (ada 4)
    – 2 kepake, 1 on proccess, 1 expired
  3. XYZ ( ada 4, dan semua on proccess atau di jual saja nanti 😀 )
  4. IN (cuma satu, itu jg sudah expired)
  5. PW (cuma satu dan tidak terpakai 🙁 )
  6. ID (ada 3, on proccess semua)

Berapa juta habis sia-sia hanya untuk domain saja?, Anda bisa hitung domain .com normalnya Rp.125,000 – Rp. 150,000 per domain karena belinya harga normal. dan yang terpakai hanya 5 domain (jadi yang 20 ga jelas nasibnya). domain-domain diatas dulunya mau saya pakai untuk PBN (Private Blog Network), namun seiring berjalannya waktu saya malas mengerjakannya (karena beberapa faktor). nah apa hubungannya dengan domain yang masih aktif di pakai?

  • 3 domain .com terpakai = 1 untuk web ecommerce, 1 untuk digital marketing (pasar lokal), 1 lagi untuk web design (pasar mancanegara).
  • 2 domain .net terpakai = 1 untuk blog ini, dan 1 lagi untuk blog Internet Marketing atau hal-hal yang berbau bisnis.
  • Belasan blog blogger.com/blogspot (tanpa custom domain) untuk dummy/linkwheel, 1 untuk blog news (portal), 1 untuk blog islami, 1 untuk blog kesehatan, 1 untuk blog karir/loker, dan 1 lagi untuk blog diary (hahaha) >_< ..
  • Nah sisanya domain yang masih proses sementara saya letakkan di draft (konsep). kalau misalnya batas waktu mendekati perpanjang (3 atau 1 bulan sebelum expired), domain + blog akan saya lelang. kalau belum ada blognya, ya otomatis hanya domain saja!.

Begitulah cara saya meminimalisir kinerja otak multitasking. jadi saya pisah jadi beberapa bagian (niche). tapi tetap ada SATU website yang jadi prioritas. apalagi berhubungan dengan project client. sudah pasti saya prioritaskan!. dengan kebiasaan seperti ini saya jadi paham bagaimana cara mengatasi gagal fokus (setidaknya untuk saat ini). yang pasti 5 domain + web aktif tersebut akan tetap saya pakai. karena sudah BRANDED!.

Get more stuff like this

Subscribe to our mailing list and get interesting stuff and updates to your email inbox.

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Discussion

Leave a Reply