Solusi Mengatasi Rasa Malas

Jadikan malas sebagai istirahat di kala lelah membelenggu. jangan jadikan malas sebagai penghalang aktivitas. malas adalah wabah penyakit paling sering di jumpai dan penyebab utama kegagalan. sebenarnya apa sih yang membuat kita malas?, atau sudah tak ada motiviasi kah hidup ini?, bahaya loh kalau hal ini terus berkelanjutan. malas di usia muda, sengsara di usia senja. jangan!

Topik ini ada kaitannya sama kehidupan saya sebelumnya, meskipun belum sembuh total dari penyakit malas ini. tapi yang namanya manusia wajib berusaha semampunya. soal hasil biarkan yang Kuasa yang menentukan.

Dulu sebelum terapi menghilangkan rasa malas ini, sulitnya bukan main melawan rasa malas. banyak pekerjaan terbengkalai, banyak waktu terbuang sia-sia, dan Saya banyak kehilangan materi hanya gara-gara tak bisa menyingkirkan rasa malas. mungkin ini ada kaitannya juga kenapa saya terjun di dunia bisnis secara total, padahal sebelumnya Saya seorang pegawai BUMN.

Rutinitas aktivitas kantor yang sudah tersusun rapih berubah menjadi me time ( I like I do ). hari-hari saya menjadi tak terkontrol, jadi se’enaknya ngatur waktu. mending buat hal-hal produktif atau bermanfaat, malah jadi kebanyakan tidur dan traveling. ini juga menjadi penyebab utama kegagalan Saya dalam mengembangkan bisnis di tahun lalu. Saya merasa stuck (berjalan di tempat), dan tak ada perkembangan apapun. ini sangat berbahaya, hingga Saya menemukan formula praktis dan teruji bagaimana cara Saya mengatasi rasa malas ini. Anda tertarik?, mari simak kisah saya :

Buat To Do list yang Jelas

Ini penting karena dengan membuat daftar pekerjaan (yang semestinya) akan memacu semangat kita. setidaknya kita tahu apa yang kita lakukan saat ini dan nanti. caranya : buatlah dengan catatan pekerjaan di kertas. hindari menggunakan laptop, gadget, atau hal-hal yang berbabu teknologi. gunakan secara manual (tulis di kertas). ya, hitung-hitung latihan melemaskan otot jari dan tangan. misalnya :

  • Hari ini saya mau memulai project design undangan pernikahan buat teman saya. dalam waktu 3 hari harus benar-benar selesai.
  • Hari ke-4 design undangan sudah harus bisa di print.
  • (Motivasi) Undangan ini sangat penting karena hanya saya yang mengerjakannya. kalau tidak selesai dalam waktu 5 hari berarti saya punya kesalahan besar dan mengacaukan pernikahan teman saya. jadi undangan harus benar-benar selesai. lebih cepat lebih baik!.

Diatas saya menggunakan pengulangan ” design undangan harus benar-benar selesai “. ini menunjukkan cara memotivasi diri agar design undangan bisa selesai. dan saya tambahkan kalimat ancaman ” tidak selesai dalam waktu 5 hari berarti saya mengacaukan acara pernikahannya “. bayangkan dan resapi makna kalimat tersebut. apa jadinya jika design undangan-nya gagal di buat?. Anda punya kesalahan besar dalam hidup. jadi intinya buatlah diri Anda benar-benar dibutuhkan dan dapat di percaya.

Singkirkan Bunyi Gadget

Ketika Anda sudah memulai mengerjakan suatu pekerjaan, usahakan singkirkan hal-hal yang mengganggu. bisa bunyi alarm, telepon, notifikasi chating, dsb. hal ini yang paling sering saya alami. banyak broadcast masuk, chating, notifikasi facebook, dan lain-lain. pada akhirnya saya silent untuk beberapa jam. dengan begini saya bisa lebih fokus memulai dan menyelesaikan pekerjaan saya. dan jangan lupa buatlah self reminder untuk jam-jam istirahat (meregangkan otot). kalau saya pribadi setiap 3-4 jam sekali biasanya melakukan push-up dan senam kecil-kecilan. mata juga dibuat untuk melihat keadaan luar agar tidak merasa jenuh karena terlalu lama menatap monitor laptop.

Buatlah Motivasi

Malas itu penyakit paling berbahaya bahkan lebih berbahaya dari kanker, katarak, atau penyakit-penyakit lainnya. kenapa saya menyimpulkan demikian?, karena kita sudah di beri kesehatan jasmani dan rohani tapi malah tidak mempergunakannya dengan baik. ibarat kata ” MUBAZIR “. keinginan utama orang-orang sakit itu cuma satu ” ingin sehat “. mereka tidak memiliki keinginan lain seperti  : punya banyak uang, beli mobil-rumah, dsb. jadi selagi diri kita masih sehat jangan sia-siakan kesehatan kita.

cara mengatasi rasa malas

Buatlah motivasi hidup dan paling penting kenapa kita harus menempuh kesuksesan, kenapa kita perlu melawati proses panjang, kenapa malas itu penyakit kronis mematikan, dsb. Jika kita sudah menemukan alasan yang tepat kanapa harus menyingkirkan rasa malas, kita akan lebih tahu begitu berartinya kesehatan kita. ingatlah kesehatan itu harta termahal. buat apa banyak harta kalau jasmani dan rohani penyakitan?. cobalah ulang-ulang arti kesehatan Anda dan gunakan sebaik-baiknya.

Ada juga yang membuat motivasi demi membahagiakan orang tua, keluarga, atau berniat ingin menikahi gadis idaman. tak apa itu bagus dan yang terpenting alasan itu benar-benar tepat, cocok untuk memacu semangat Anda dalam beraktivitas sehingga rasa malas pun perlahan akan hilang dengan sendirinya.

Ada juga yang merasa dirinya benar-benar terpojok dan harus melakukan suatu tindakan agar dia bisa lolos dari bahaya. ini juga sangat bagus. bahkan tak jarang orang memulai suatu tindakan didasari karena terpojok. dengan begitu dia menjadi berani mengambil keputusan. Ingatlah penyakit malas itu sangat berbahaya, dan lebih berbahaya dari penyakit kronis apapun.

Get more stuff like this

Subscribe to our mailing list and get interesting stuff and updates to your email inbox.

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Discussion

  1. Enterpreneur

Leave a Reply