Kerja Keras, Cerdas, Ikhlas

Pentingnya kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas adalah untuk mewujudkan keseimbangan hidup antar manusia. Saya baru menyadari hal ini beberapa bulan terakhir karena hidup bukan soal kerja keras dan uang saja. Ada yang harus kita berikan ke orang lain karena sejatinya manusia itu mahluk sosial, saling membutuhkan. lalu bagaimana kalau kita menemukan orang yang tak bisa memberi impact yang sama? misalnya : kita sering bisa di mintai bantuan dia, sedangkan giliran kita yang minta bantuannya tidak bisa. ini bukanlah impact atau timbal balik melainkan egois semata. Saya pernah menemukan beberapa orang seperti ini di pergaulan saya dan pada akhirnya saya mulai sadar mana yang harus di pertahankan dan mana yang harus di lepaskan. bukan berarti memutus tali silaturrahmi, tapi membatasi sesuai porsi pemahaman masing-masing.

Kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas

Apakah Anda pernah mengalami kerja keras setiap hari namun tidak membuahkan hasil yang sesuai?. jika iya berarti ada yang salah atau ada yang kurang dari cara kerja Anda. yaitu kurang ikhlas dan kurang cerdas. lalu bagaimanakah cara mewujudkan ketiga aspek penting itu agar keseimbangan hidup terwujud?, saya punya beberapa pandangan atau opini, dan beberapa pengalaman hidup sesuai fakta yang terjadi.

Kerja Keras

Kerja keras bukan hanya tak mengenal lelah atau terus berjuang untuk mendapatkan hasil yang maximal tapi juga di barengi keikhlasan dan kecerdasan.

Misalnya : Anda seorang designer dan mendapatkan project dari seorang klien. dan Anda pun memulai project itu dengan dasar agar mendapatkan uang. itu benar, tapi masih ada yang kurang. contohnya : Anda musti menyertakan keikhlasan hati dalam bekerja (bukan sekedar karena uang), dan dibutuhkan manajemen waktu yang tepat agar semua project planning berjalan dengan baik. misalnya project design itu membutuhkan waktu 7-10 hari, maka alur dan caranya adalah :

1). Hari 1-2 Anda membuat konsep design. bisa menggunakan kertas atau langsung pakai aplikasi komputer, laptop, dan lain-lain.

2). Hari 2-4 bila konsep design sudah di sepakati klien maka Anda harus mengerjakannya sampai pada progres minimal 40%

3) Hari 4 – 7 seharusnya sudah jadi. tapi Anda bisa menggunakan waktu ini untuk minta pendapat klien, apakah benar-benar sesuai kebutuhannya. mengingat waktu yang kita butuhkan masih tersisa 3 hari lagi.

4). Hari 7 – 9 jika design yang Anda buat sudah mendapat kesepakatan itu artinya project sudah selesai. dan sisa 1 hari ini bisa Anda gunakan untuk MERAPIHKAN agar terlihat lebih baik.

Kerja Cerdas

Kerja cerdas kalau tidak di barengi kerja keras & kerja ikhlas masih seperti berjalan dengan satu kaki (tidak maximal). Anda harus tahu betul bagaimana seluk beluk pekerjaaan yang Anda mulai nanti. jangan hanya karena butuh uang dan Anda mengabaikan secara detail pekerjaan Anda, ujung-ujungnya hanya membuang-buang waktu. kenapa?, karena nantinya akan banyak revisi dan itu memakan waktu (boros). mulai saat ini mari kita pelajari secara detail apa yang mau kita kerjakan agar hasilnya maximal dan memuaskan.

Kerja Ikhlas

Kerja ikhlas sebenarnya adalah konsep dari kerja keras dan kerja cerdas. sebelum berniat bekerja keras dan bekerja secara cerdas, Anda harus punya niat kerja ikhlas. ini bukan soal jumlah uang yang kita terima, melainkan tentang pencapaian yang kita kerjakan nanti. apapun yang kita kerjakan secara ikhlas tentu memberi dampak sangat luar biasa. bukan hanya batin kita, tapi juga orang yang mempekerjakan kita akan merasa senang. dan Anda pun mendapat nilai lebih. jika hal ini bisa di pelihara berkelanjutan, Anda tak akan pusing-pusing mencari klien. karena akan di rekomendasikan klien-klien lain yang sudah pernah mempekerjakan Anda.

Sejatinya manusia menginginkan impact ke manusia lain. baik secara sadar atau ngga sadar itu sudah menjadi tradisi kehidupan manusia. apa saja yang kita lakukan (terlebih hal positif untuk orang lain) tentu saja kita mengharapkan imbalan yang sama pula. entah itu cepat atau lambat. belajar ikhlas itu seumur hidup.. jadi selagi masih hidupĀ alangkah baiknya apa saja yang kita lakukan di dasari dengan ikhlas. ikhlas itu mampu membawa manusia ke level yang lebih BERKELAS.

Get more stuff like this

Subscribe to our mailing list and get interesting stuff and updates to your email inbox.

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Leave a Reply