Menyusun Manajemen Waktu

Tahun baru 2016 tinggal menghitung hari, sudah sejauh mana usaha Anda ditahun ini?. sudah di evaluasi belum?. sudah membuat target baru di tahun 2016?. hehehe sabar ya bagi yang belum tercapai target tahun ini. saya pun demikian, masih banyak hal yang harus saya kejar.

Majamemen waktu bagi freelancer penting peranan-nya. baru-baru ini Saya mencoba membuat list ulang tentang apa saja yang Saya lakukan setiap hari. sampai saat ini Saya masih bergelut bidang bisnis online (web designer, affiliate marketer, & adsense publisher). nah untuk adsense publisher sudah pasti harus menulis agar Blognya tetap hidup & bermanfaat bagi pembaca. karena sejauh ini pemahaman saya di bisnis Adsense adalah ia lebih mengutamakan kualitas konten dibanding kualitas backlink. somehow, kedua cara ini sama-sama memiliki peran penting. selain bermanfaat untuk pembaca, juga agar lebih bersahabat dengan robot Search Engine.

workspace-3

Well, mungkin diantara Anda ada yang bertanya bagaimana Saya melakukan semua hal itu dengan baik?. sebagai solopreneur tentu membuat saya sedikit menguras tenaga & otak. sebenarnya masih banyak hal yang musti diperbaiki dari segi manajemen Team yang satu visi-misi agar apa saja yang ditargetkan lebih mudah & lebih cepat tercapai. hanya saja sampai saat ini Saya belum menemukan Team yang benar-benar pas & sesuai visi-misi.

Tapi Saya merasa sangat menikmati hari-hari Saya sebagai single fighter. sebelum menemukan Team yang benar-benar sesuai pilihan, agaknya saat-saat ini Saya harus membuat pondasi manajemen bisnis untuk kedepan. nah sebelum melangkah lebih jauh ada beberapa yang mungkin bisa dibilang hal kecil (sepele). tapi saya sangat meyakini bahwa hal kecil meruapakan awal dari perubahan besar. mana mungkin bisa berubah menjadi besar sedangkan hal-hal kecil saja susah diubah?.

Berikut ini adalah Manajemen Waktu saya yang mungkin bisa bermanfaat buat Anda :

Olah Raga Teratur

Pagi hari setelah sholat shubuh sekitar pukul 05.30-07.00 WIB saya membiasakan berolah raga setidaknya 30 menit. selain badan jadi sehat bugar, otak juga FRESH. bagaimanapun juga yang namanya olah raga itu sangat penting demi menjaga kesehatan & keseimbangan tubuh. kepala berkeringat membuat otak terasa segar. karena saya juga seorang Blogger, dan wajib mengisi konten blog, dengan aktivitas semacam ini bisa melahirkan ide-ide segar buat penulisan artikel berikutnya. Anda bisa melakukannya dengan lari atau senam minimal 30 menit.

Atur Bisnis yang Ada

Seperti yang saya tulis di artikel sebelumnya tentang Bisnis Jangka Pendek dan Jangka Panjang dimana kesibukan Saya sebagai Blogger, Web Developer & juga Internet Marketer, tentu Saya membutuhkan banyak waktu untuk memanage bisnis-bisnis yang sudah ada. kenapa saya melakukan demikian?, kenapa tidak fokus pada satu jenis saja?. seperti yang dibilang oleh para pebisnis sukses bahwa ” jangan menaruh telur dalam satu wadah ” di satu sisi kinerja otak saya multitasking. biasanya saya mulai bekerja sekitar pukul 09.00 WIB. dalam hal ini saya memprioritaskan pekerjaan/proyek klien, setelah itu saya beralih memanage bisnis Saya sendiri. ya, saat ini saya fulltime internetpreneur (pebisnis online). sampai saat ini terkadang masih belajar manajemen bisnis. hal yang paling utama yang saya butuhkan adalah TEAM SOLID. sayangnya, sampai saat ini saya belum nemu yang pas.

Sempatkan Relaxasi

Maksudnya bagaimana?. bagi Anda yang kerjanya berhubungan dengan komputer, tak perlu seharian berada di depannya. ada baiknya Anda membutuhkan asupan udara segara dengan cara relaxasi. cara ini bisa keluar ruangan : keliling komplek, pantai, bersosialisasi dengan orang-orang sekitar, ngobrol dengan teman, dsb. sebelum ini saya pernah seharian tidak keluar kamar (selain beli makanan) selama 1 minggu full. bayangkan betapa suntuknya didalam kamar selama itu. karena saya selalu bersemangat dalam memanage bisnis-bisnis saya. namun cara ini bukannya lebih baik, justru membuat otak saya mulai melambat dalam berfikir. dan pada akhirnya saya putuskan, saya hanya kerja online dari jam 09.00 s/d 17.00 (seperti orang kantoran). setelah itu biasanya saya berkumpul dengan teman-teman. menjelang malam sekitar pukul 22.00 buka youtube untuk sekedar hiburan, blogwalking, facebookan, pokoknya my primetime lah. pukul 23.00 atau 00.00 barulah saya mulai tidur.

Evaluasi Pekerjaan

Hal ini berkaitan dengan sejauh mana kita bekerja, sejauh mana kita berinovasi, dan sejauh mana kita mempunyai target income. hal-hal kecil pun patut kita evaluasi agar kedepannya tertata rapih (tidak berantakan). mulai dari mengatur janji ketemuan sama klien, teman, atau sekedar berkumpul dengan saudara/kerabat/keluarga. semua harus tersusun rapih, kecuali ada keperluan penting mendadak. kebiasaan seperti ini bukanlah hal mudah, tapi harus di biasakan. karena segala sesuatu butuh pembelajaran, bisa karena terbiasa. Anda harus mengulang dan mengulang kapan semua planning itu berjalan dengan baik.

Pada dasarnya yang namanya manajemen waktu itu sangat penting untuk membuat kehidupan lebih produktif, lebih baik (dan mengabaikan hal-hal yang tak berguna). hanya saja hanya sebagian kecil orang bisa melakukan hal ini. saya pun masih dalam tahap belajar dan belajar. bahkan waktu yang sudah tersusun rapih bisa jadi berantakan gara-gara masalah sepele.

Get more stuff like this

Subscribe to our mailing list and get interesting stuff and updates to your email inbox.

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Discussion

Leave a Reply