Membangun & Mengoptimalkan Personal Branding

Membagun Bisnis sendiri atau Personal Branding tidaklah semudah memBranding sebuah produk. seperti yang Anda lihat pada Blog ini menggunakan nama fajartri.com. yah Saya membranding nama ini sesuai dengan semangat dan karakter nama itu sendiri. sebelumnya saya memBranding sebuah produk dan nama bisnis. kasus ini pertumbuhannya sangat cepat bila dibanding dengan nama perorangan. karena nama perorangan butuh kredibiltas tinggi dan kepercayaan intens. misal : jika Anda mendengar nama fajartri, fajarblogger dengan growbyte, tokopedia, megapedia, dsb.. mana yang lebih menjual atau yang lebih Anda percayai?. sudah pasti Anda akan lebih mempercayai tokopedia dan nama-nama yang bukan menyangkut nama orang/secara personal. inilah tantangan bagi para pelaku Personal Branding.

Dengan demikian, sebagai pebisnis freelance kredibilitas tinggi sangat diperlukan untuk memperluas jaringan bisnisnya. Personal Branding sampai saat ini menjadi sebuah trend Blogger atau Freelancer Internet untuk memperkenalkan dirinya lebih luas. beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun Personal Branding :

Buatlah Sebuah Blog

Blog sampai saat ini satu cara paling efektif dalam hal bisnis personal. Bagi Freelancer, Anda wajib memiliki sebuah Blog sebagai identitas dirinya di Internet. ini juga mencakup beberapa karakter Anda didalamnya : gaya/karakter penulisan, tipe design/warna layout, logo blog, dan menu-menu konten apa saja yang Anda sajikan di dalamnya. ini menunjukkan sejauh mana Anda fokus dengan bisnis Anda, karena bisanya hal yang tertulis berdasarkan pengetahuannya terutama dalam hal bisnis. Sangat penting mengupdate konten/artikel, jangan sampai terlalu lama tidak update. usahakan seminggu sekali Blog Anda terisi konten baru. untuk melengkapi Blog Anda khususnya yang menggunakan engine wordpress self hosted :

  • Jetpack — bagi Saya adalah plugin wajib. karena terdapat banyak macam fitur : kontak form, portfolio page, stats, social sharing, seo verified, email newsletter, photo gallery, dan masih banyak lagi. prioritaskan penggunaan plugin bisa mencakup banyak fitur terlebih fitur tersebut memang kita butuhkan.
  • SEO by Yoast — untuk mendongkrak SERPs di google, Anda patut mencoba plugin sejuta umat ini. selain terlihat efek SEOnya cukup ampuh, fitrunya juga lumayan komplit, dan mudah dikelolah.
  • W3Total Cache — Untuk meningkatkan perfomance kecepatan Blog Anda, plugin ini juga wajib Anda pasang. banyak keuntungan yang Anda dapat diantaranya : script js, css, jquery, akan di kompress sehingga load blog Anda terasa lebih ringan. dan terintegrasinya beberapa layanan/3rd party (feedburner, cloudflare, google page speed, yoast SEO). ini tentu menguntungkan, selain GRATIS juga powerful.
  • All in One Security — plugin ini sangat lengkap dalam hal keamanan wordpress. fitur utama yang saya suka : rename wp-login, antispam comment, maintenance mode, lock down, brute force. dan masih banyak lagi fitur-fitur menarik lainnya untuk mendukung keamanan blog WordPress Anda.

Kesimpulan :

Gunakanlah plugin seperlunya saja. prioritaskan yang memiliki banyak fitur. karena jumlah plugin yang terinstall mempengaruhi load blog, juga mempengaruhi membengkak-nya space dan database MySQL. dan untuk penggunaan Theme pilihlah yang sudah mobile friendly, SEO friendly, dan mempunyai page speed tinggi. untuk mengetes kecepatan bisa di ukur menggunakan GTmerix, Google PageSpeed, dan pingdom. lalu untuk soal theme bisa menggunakan Thesis Framework (paid), Genesis Framework (paid), Kentooz (punya orang indo, free/paid), atau MyThemeshop (paid & free). ke-empat theme tersebut theme favorit saya dan memang saya gunakan di beberapa Blog bisnis yang lain.

guemen

Buatlah Social Profile

Social Netwrok juga sangat penting dalam hal menunjang Personal Branding. contoh : Facebook, Twitter, Google+, Linkedin, dan Aboutme. menurut Saya ke-empat situs social network tersebut sangat cocok diantara situs social network yang lain. disamping populer/banyak penggunanya, karena ke-empat situs socmed tersebut memang sesuai kategori SOCIAL PROFILE. kemudian integrasikan satu sama lain. jadi ketika Anda membuat konten baru, secara otomatis akan menyebar keberbagai situs social network terlebih orang-orang yang mengikuti Anda akan lebih mudah mengetahui bahwa Anda menulis artikel baru. ya intinya, semakin mempermudah memperkenalkan diri jadi semakin mudah pula Anda akan dikenal banyak orang.

Email Nama Domain, Penting?

Dalam bab ini bisa dibilang penting ngga penting. misal nama email Anda : hello.fajarpagi@yahoo.com atau hello@fajarpagi.net lebih terkesan mana?, tentu dengan nama domain sendiri. lebih singkat, lebih jelas, dan lebih terkesan profesional. nah bagi yang emailnya sudah terlanjur tersebar dengan email lamanya, dan agar masih terhubung juga dengan klien-klien tidak masalah memakai email lama. jika sudah ganti email, segera beritahu ke klien Anda..

Design juga Berpengaruh

Pengaruh style design juga cukup penting. pilihlah beberapa tipe warna kesukaan Anda, kira-kira cocok dengan karakter kepribadian Anda. seperti pada Blog ini memakai warna Hitam, Putih, dan Merah Maroon. disisi lain, penataan tata letak layout Blog juga berperan. seperti yang Anda lihat di Blog ini.. halaman homepage, service page, archive page, contact page, blog page, portfolio page, download page, memiliki design halaman yang berbeda. karena konsep blog ini memiliki 3 model : design untuk blogger, design untuk internet marketer, dan design untuk freelance web designer. 3 bisnis jadi satu wadah, dan satu nama mencakup tiga model bisnis.

Get more stuff like this

Subscribe to our mailing list and get interesting stuff and updates to your email inbox.

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Discussion

  1. Anna Pitman

Leave a Reply