Sulit Fokus? Ini Dia Solusinya!

Pentingnya menjaga fokus atau menjaga konsentrasi agar apa-apa yang sudah kita rencanakan dapat berjalan dengan baik sehingga bisa membuahkan hasil yang maksimal. Saya menyadari hal ini dalam 3 tahun terakhir, padahal sebelumnya saya sangat sulit menjaga fokus karena kinerja otak saya multi-tasking. dalam satu hari saya bisa mengerjakan lebih dari 3 project secara bergantian. hasilnya, di luar harapan. untungnya saya sudah menemukan solusinya dan benar-benar teruji.

Hal pertama yang patut Anda sadari adalah mengenali kelebihan dalam diri Anda. jika Anda sudah menyadari hal ini, untuk kedepannya Anda tidak akan terlalu sulit mengembangkan keahlian / kemampuan / kelebihan dalam diri. sebisa mungkin hal-hal yang bernuansa negative singkirkan karena itu adalah penghalang paling berat.

cara menjaga fokus

Manusia mempunyai daya ingat terbatas dan hanya mampu mencerna 7 informasi dalam 30 detik, ini bisa di katakan short term memory. ya pada dasarnya kita tentu tidak bisa mencerna semua informasi yang kita terima. pasti ada yang terlewatkan. itulah mengapa Anda di anjurkan membatasi tugas harian sebanyak maximal 7 tugas perhari. kalaupun masih ada yang lain, silahkan tulis saja dan bisa di kerjakan di lain waktu.

Studi kasus yang saya alami dalam hal ini adalah :

Buatlah Tugas Sedetail mungkin (spesifik)

Ini sangat penting sebelum Anda memulai pekerjaan baiknya buatlah tugas Anda menjadi lebih spesifik. tujuannya sudah jelas agar tahu betul apa yang akan di kerjakan nanti. saya pribadi lebih suka menulisnya di kertas daripada di laptop. selain untuk melemaskan, meregangkan otot-otot tangan juga untuk meminimalisir pengaruh radiasi monitor laptop. tulis secara detail dan buatlah sederhana. misal : 1-7hari saya membuat sebuah desain website company profile. jadi kerangkanya kira-kira seperti ini :

  • Hari ke-1 diskusikan terlebih dahulu kepada klien maunya seperti apa dan persiapkan materi (bahan dari klien)
  • Hari ke-2 dan membeli hosting domain (yang sudah di sepakati), dan membangun websitenya sesuai desain permintaan klien.
  • Hari ke-3 dan ke-4 instalasi, setup, konfigurasi, dan optimasi website yang sudah dibuat.
  • Hari ke-5 dan ke-6 biasanya untuk sekelas desain company profile sudah bisa online plus perlihatkan progress pekerjaan Anda agar klien cepat merespon apa saja yang perlu ditambahkan atau perbaikan.
  • Hari ke-7 semua sudah beres jika revisi tidak terlalu banyak.

Bagi saya pekerjaan diatas bisa di percepat antara 4-5hari kerja. namun saya memilih waktu agak longgar agar tidak terkesan buru-buru dan hasilnya nanti sudah pasti lebih baik. jadi menurut saya 7 hari adalah waktu yang pas untuk sekelas desain website profil perusahaan.

Singkirkan benda-benda yang Mengganggu

Gadget saat ini merupakan benda yang paling penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari. berbagai keperluan bisa Anda manfaatkan hanya menggunakan gadget kecuali menanak nasi, mendinginkan buah, air, dsb 😀

Untuk sementara waktu, silent saja bunyi gadget Anda ketika pekerjaan sudah dimulai. percaya atau engga, meski kesannya remeh saya pernah merasakan dampak negativenya. jadi kala itu proyek yang seharusnya selesai 5 hari, ngaret hingga 10 hari. setiap ada notifikasi gadget tangan rasanya gatel (pengen ngecek). ujung-ujungnya keasyikan main social media, chating sana-sini. jelaslah ini masalah cukup fatal. silent beberapa saat, dan aktifkan kembali ketika Anda break. kita ngga tahu kan disela-sela kesibukan eh ada proyek baru dari klien lain. semua ini kembali pada kepintaran Anda sendiri dalam memanage waktu. buatlah produktif. manfaat dengan baik waktu yang ada.

Rutinkan todolist diatas setiap mau memulai pekerjaan. awalnya memang agak berat, tapi yang namanya bisa sudah pasti butuh latihan. bisa karena terbiasa, ahli karena terlatih. 😉

Get more stuff like this

Subscribe to our mailing list and get interesting stuff and updates to your email inbox.

Thank you for subscribing.

Something went wrong.

Leave a Reply